Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura menjadi salah satu objek wisata alam unggulan bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter. Ketinggian air terjun ini mengalahkan ketinggian Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payukumbuh (150 meter). Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba tepatnya 250 km dari pusat Kota Medan.

Jika mendengar nama Sigura-Gura di Sumatera Utara, kebanyakan orang akan membayangkan sebuah air terjun cantik setinggi 250 meter atau pun membayangkan sebuah bangunan beton raksasa berbentuk bendungan yang membendung aliran Sungai Asahan dan digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Namun sesungguhnya kawasan Sigura-Gura tidak hanya sebatas air terjun cantik ataupun bendungan saja. Tetapi lebih dari itu, kawasan sigura-gura memiliki landscape alam yang menawan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal, wisatawan dari luar Provinsi Sumatera Utara, bahkan wisatawan mancanegara. Siapapun yang berkunjung pastinya akan merasakan sensasi sejuk sehingga mampu menjadikan badan dan pikiran kembali fresh.

Dari kejauhan, Air Terjun Sigura-gura akan terlihat seperti air terjun raksasa. Bahkan dari kejauhan pun, suara dentuman airnya akan terdengar dengan jelas. Air Terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit yang sangat deras. Air yang mengalir dan menjadi Air Terjun Sigura-Gura ini bersumber dari Sungai Asahan yang mana air Sungai Asahan ini datangnya dari Danau Toba. Sungai-sungai tempat aliran Air Terjun Sigura-Gura juga kerap dijadikan tempat untuk ajang kompetisi olahraga air seperti rafting kancah nasional dan internasional.

Memasuki kawasan air terjun, anda akan merasakan udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Sigura-gura. kawasan Sigura-Gura merupakan wilayah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan Bukit Barisan adalah rangkaian gunung yang membentang dari ujung utara di Provinsi Aceh sampai ujung selatan di Provinsi Lampung pulau Sumatera. Rangkaian pegunungan ini memiliki puncak tertinggi yaitu Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi. kawasan Sigura-Gura juga merupakan daerah yang dilalui oleh Pegunungan Bukit Barisan. Oleh karena itu, landscape alam kawasan Sigura-Gura sangat indah dengan kontur alam berbukit-bukit dan terdapat pula lembah, tebing batu, jurang, celah gunung maupun kawasan hutan yang hijau.

Namun hati-hati saat berada di sekitar air terjun ini karena tebingnya terjal dan licin. Banyak wisatawan yang memanfaatkan momen liburan di area air terjun ini dengan berfoto-foto dengan background air terjun dan pemandangan alami sekitarnya. Tak sedikit pengunjung yang juga mencoba olahraga arung jeram di sungai-sungai sekitar air terjun. Sungai-sungai di kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura memiliki arus yang deras dan kontur sungai yang berbatuan.

Selain arung jeram, masih ada aktivitas lainnya yang tidak kalah menantang yaitu panjat tebing. Namun aktivitas ini terbilang berbahaya karena anda harus menaiki tebing bebatuan yang tinggi dan licin. Jika anda belum terlatih secara khusus, sebaiknya anda tidak mencoba aktivitas ini, karena sangat beresiko. Kecuali anda telah terlatih dan telah terbiasa panjat tebing di tebing yang licin, anda pantas mencobanya.

Untuk sampai di kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura, Anda yang berada di Kota Medan perlu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Toba Samosir. Jarak antara Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir sekitar 250 km. Para wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus dengan tujuan Kabupaten Toba Samosir. Selama di perjalanan, para wisatawan akan disuguhi pemandangan Danau Toba yang sangat indah karena memang jalur yang ditempuh berada di tepi kawasan Danau Toba.

Baca juga:

Author: admin