Batu Caves Malaysia

Batu Caves Malaysia

Banyak yang bilang dan selalu merekomendasikan untuk berkunjung Batu Caves. Memang, Batu Caves ini adalah salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang populer. Apalagi kalau sedang berlangsung yang namanya Festival Thaipusam. Dijamin pengunjung Batu Caves ini bakal membludak. Pun, pada hari biasa, tempat wisata ini tampak selalu ramai. Soalnya memang salah satu tempat wisata gratis di Kuala Lumpur sih.

Selain itu, Batu Caves ini juga banyak dikunjungi untuk beribadah. Karena disini memang merupakan Kuil Hindu yang aktif digunakan. Jadi cukup susah membedakan mana yang wisatawan, mana yang sedang beribadah. Kecuali ya kalau lagi foto selfie. Sudah lansung ketahuan deh siapa turisnya.

Lokasi Batu Caves ini agak jauh dari Kuala Lumpur. Namun akses transportasi umum menuju lokasi Batu Caves sangatlah mudah. Cara paling mudah untuk peri ke Batu Caves adalah dengan naik KTM Komuter Line dari Stasiun Central Kuala Lumpur, dengan tujuan stasiun terakhir, Stasiun Batu Caves. Setelah itu tinggal dilanjutkan saja dengan berjalan kaki selama 5 menit.

Di ketinggian hampir 100 Meter dari dasar laut, kompleks kuil Batu Caves terdiri daripada tiga gua utama dan beberapa gua kecil. Gua yang terbesar dikenali sebagai Cathedral Cave atau Gua Kuil. Didalamnya tedapat sebuah kuil Hindu.Untuk sampai ke gua ini pengunjung perlu menaiki 272 anak tangga.

Pada kaki bukit adalah dua lagi gua kuil, iaitu Gua Galeri Seni(Art Gallery Cave) dan Gua Muzium (Museum Cave), kedua-duanya penuh denga arca-arca dan lukisan Hindu.Kompleks ini telah diubahsuai dan dibuka sebagai Cave Villa pada tahun 2008. Arca-arca dan lukisan di gua ini menggambarkan kisah kemenangan kemenangan Dewa Murugan ke atas Soorapadam. Gua Ramayana terletak ke kiri kompleks kuil Batu Caves.Dalam perjalanan ke Gua Ramayana, terdapat Tugu Dewa Hanuman yang setinggi 50 kaki serta sebuah kuil yang didedikasikan untuk Dewa Hanuman. Gua Ramayana menggambarkan cerita Rama dalam cara kronik sepanjang dinding dan tidak teratur.

Baca juga: