Berburu Babi di Bengkulu

Berburu Babi di Bengkulu

Berburu Babi di Bengkulu

Berburu Babi di Bengkulu

Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Di Provinsi Bengkulu, banyak hutan yang masih perawan dan cocok untuk lokasi berburu, di antaranya Taman Buru (TB) Semidang Bukit Kabu di Kabupaten Seluma, berjarak 20 km dari Bandara Fatmawati, Kota Bengkulu.

Selama ini TB Semindang Bukit Kabu sering dijadikan lokasi berburu babi oleh anggota Perbakin dari berbagai daerah, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sambil berburu mereka bisa menikmati keindahan alam yang memang masih sejuk.

Kawasan Semidang Bukit Kabu merupakan Taman Buru Nasional yang mempunyai luas sekitar 15.300 hektar yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian.

Di kawasan itu masih banyak terdapat satwa langka yang dilindungi, seperti harimau sumatera, rusa, menjangan, dan berbagai jenis hewan langka lainnya. Hewan-hewan itu tidak boleh diburu karena dilindungi.

Di hutan konservasi tersebut juga masih banyak babi hutan, hewan inilah yang diizinkan untuk diburu. Kawasan ini merupakan “surga” bagi pemburu untuk berburu babi, dan merupakan satu-satunya jenis hewan yang diizinkan untuk diburu dengan menggunakan senjata api atau berburu tradisional.

Babi merupakan hama bagi petani dan peladang, apalagi di Bengkulu jumlah babi atau celeng sangat banyak, apalagi ditunjang oleh luasnya hutan yang dimiliki oleh provinsi ini.

Banyak klub-klub berburu yang menjadikan Kota Bengkulu surga untuk berburu babi. Berburu dilakukan dengan 2 metode, yang pertama metode tradisional dengan menggunakan jebakan dan bantuan anjing. Metode berikutnya yaitu dengan menggunakan senapan yang telah memiliki ijin.

Masyarakat di dusun-dusun sudah sering berburu. Mereka memiliki Regu Pembasmi Hama Babi (RPHB). Mereka punya jadwal berburunya masing-masing.

Sering diadakan festival berburu tradisional di taman hutan raya Bengkulu dan adu bagong di Pantai Panjang, Bengkulu. Selain faktor geografis, Bengkulu juga memiliki jenis anjing pemburu yang andal yang bisa mendukung perburuan babi hutan, yakni anjing jenis kata hula.

Faktor geografis Bengkulu yang bergunung-gunung dengan hutan yang luas semakin menyuburkan kebiasaan berburu ini. Terlebih babi hutan kerap menjadi hama yang mengganggu tanaman petani.