Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya

Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya

Untuk para Traveller, berwisata memiliki banyak versi yang dapat di nikmati para pecinta liburam. Tidak hanya mendapati liburan dengan pesona pantai saja, kita juga dapat menikmati liburan dengan arena yang menantang hingga wisata bersejarah.

Traveler, ada beberapa destinasi di Kota Surabaya yang membuat wisatawan dengan mantap menjuluki kota ini sebagai surganya wisata sejarah lho. Tak heran, ikon Kota Pahlawan melekat di tubuh ibukota Jawa Timur ini.

Jika kalian tertarik dan ingin mengenang beberapa periwstiwa penting pada masa lalu, berikut ada beberapa Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya. Mari kita cek !

1. Museum WR. Soepratman

Berlokasi di Jl. Mangga 21, Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur, dan dibuka setiap Selasa-Minggu sejak pukul 09:00-17:00.

Museum ini didirikan sebagai bentuk apresiasi bangsa Indonesia terhadap pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya ini, dulunya memang merupakan rumah dari kakak WR. Soepratman. Ukurannya hanya sekitar 5×10 meter, tapi Anda dapat melihat berbagai barang koleksi WR. Soepratman seperti replika biola, foto, lukisan, hingga teks notasi lagu.

2. Museum Sepuluh November

Berlokasi di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Buka setiap hari kecuali Sabtu sejak pukul 08:00-14:30.

Jadi, tanggal 10 November yang diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Pahlawan ini, di Surabaya ada museumnya! Memang museum ini didekasikan untuk mengenang perjuangan di hari keramat tersebut. Museum Sepuluh November di Surabaya menyimpan bukti-bukti sejarah warga Surabaya dalam perjuangan melawan kolonialisme. Bangunan berlantai dua ini punya ratusan koleksi foto-foto pahlawan dan Surabaya masa lalu, diorama, hingga rekaman audio asli pidato Bung Tomo.

3. Museum House of Sampoerna

Berlokasi di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur. Buka setiap hari pukul 09.00 – 18.00 WIB.

House of Sampoerna merupakan museum milk keluarga Sampoerna. Nama ini amat populer bagi masyarakat Indonesia karena identik dengan merek rokok ternama. Sejarah perusahaan Sampoerna, dari awal berdiri hingga masa kini, ada di sini. Berbagai foto lawas suasana pabrik hingga bungkus rokok dari masa ke masa semuanya juga ada di sini.

4. Museum Surabaya

Berlokasi di Jalan Tunjungan, Genteng, Surabaya, dan dibuka setiap Selasa-Minggu sejak pukul 09:00-21:00.

Museum Surabaya bisa dibilang cukup baru. Di museum ini, Anda akan melihat berbagai hal yang berkaitan dengan tradisi dan budaya Surabaya, seperti baju adat, lukisan, foto, biografi pemimpin daerah, hingga kursi dan bangku sekolah pada masa lalu.

5. Monumen Bambu Runcing

Terletak di jantung Kota Surabaya, Monumen Bambu Runcing banyak dipilih sebagai destinasi wisata. Monumen yang terdiri dari lima bambu runcing ini jadi pengingat arek-arek Suroboyo akan kekuatan sebuah bangsa yang bersatu menghadapi kolonialisme. Warga banyak menghabiskan waktu di kawasan ini dengan bersantai, membaca buku, atau berfotodi taman yang terawat rapi.