Enchanting Sleeping Buddha at Wat Pho Bangkok

Enchanting Sleeping Buddha at Wat Pho Bangkok

Para wisatawan tidak pernah lupa jika berlibur ke Bangkok, yang menjadi tempat pencarian utama adalah Destinasi Bangkok, Wat Pho Bangkok. Dan menurut pencarian Google, ini merupakan salah satu tempat wisata dengan pengunjung terbanyak sepanjang tahun.

Wat Phra Chettuphon Wimon Mangkhlaram Ratchaworamahawihan, atau yang lebih dikenal dengan Wat Pho. Tempat yang memancarkan ketenagan dibalut dengan segala keajaiban Negeri Gajah Putih ini. Disini terdapat patung Buddha sedang berbaring, patung emas raksasa setinggi 15 meter dan panjang 46 meter dengan menah berbaring di kuil Wat Pho.

Nama ini terkenal dengan sebutan Sleeping Buddha, karena memiliki patung yang sangat unik, biasanya Buddha digambarkan dengan duduk bersila, namun di Sleeping Budha Wat Pho Bangkok patung ini berbaring ke arah samping dengan menopangkan tangan tangan kanan di kepalanya, bertumpu pada dua bantal emas yang bertahtahkan  mosaik kaca. Telapak kaki Buddha setinggi 3 m dan panjangnya 4.5 m, dan dilapisi dengan besi yang berkilauan.

Selain itu ada 108 patung Buddha yang disusun menampilkan simbol keberuntungan seperti bunga, penari, gajah putih, harimau, dan perlengkapan altar. Untuk wisatawan besembahyang. Di tengah setiap kaki  Buddha ada lingkaran yang mewakili chakra atau titik energi. Ada 108 mangkuk perunggu di koridor yang mewakili 108 karakter mulia Buddha. Pengunjung bisa menjatuhkan koin dalam mangkuk ini karena diyakini membawa keberuntungan, dan ini juga membantu para biarawan untuk mempertahankan kuil Wat Pho.

Kuil Terua di Bangkok

Wat Pho merupakan salah satu kuil tertua di Bangkok. Kuil ini sudah ada sebelum Bangkok didirikan sebagai ibukota oleh Raja Rama I. Pada awalnya bernama Wat Photaram atau Podharam, lalu nama Wat Pho diberikan karena nama tersebut merujuk pada biara dari pohon Bodhi di Bodh Gaya, India, dimana Buddha diyakini telah mencapai pencerahannya. Sleeping Buddha Wat Pho Bangkok sudah mejadi wisata tujuan utama oleh para turis karena keunikan dan kemegahannya.

Melihat lebih dari Sleeping Buddha di Wat Pho Bangkok, ternyata masih banyak lagi yang dapat kita bahas dan pelajari sebagai penikmat wisata. Kuil Wat Pho dipercaya sebagai sekolah atau universitas pertama yang mengajarkan ilmu tentang agama, sains dan sastra. Namun sekarang lebih dikenal sebagai pusat pijat dan obat tradisional. Setelah puas menatap kemegahan Kuil Wat Po kita bisa memanjakan diri untuk merasakan sesansi pijatan tradisional Thailand.

Jika kita belum pernah mencoba pijatan tradisional Thailand, Wat Pho adalah tempat yang baik untuk menikmati kegiatan liburan yang populer ini. Pijatan tradisional disini sangat berbeda dengan kebanyakan bentuk pijat terapeutik lainnya dan cenderung menyegarkan daripada bersantai, disini kita akan diberikan instruksi untuk menggabungkan postur gaya yoga untuk menghilangkan stres dan memperbaiki sirkulasi darah.