Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul merupakan sebuah goa yang baru diresmikan pada 2010 yang berada di kota Gunungkidul. Gua Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini.

Panjang gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Penelusuran gua Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam.[3] Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.

Kenapa terdapat aliran sungai
Gunung Kidul didominasi oleh pegunungan yang merupakan bagian barat dari Pegunungan Sewu atau Pegunungan Kapur Selatan, yang membentang di selatan Pulau Jawa mulai dari kawasan tersebut ke arah timur hingga Kabupaten Tulungagung. Pegunungan Kidul terbentuk dari batu gamping, menandakan bahwa pada masa lalu merupakan dasar laut. Temuan-temuan fosil hewan laut purba mendukung anggapan ini.

Kawasan ini mulai menjadi daratan akibat pengangkatan-pengangkatan tektonik dan vulkanik sejak Kala Miosen Di bagian utara, yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten, terdapat kawasan perbukitan campuran gamping dan batuan beku sisa aktivitas vulkanik purba yang kemudian terhenti yang dinamakan Perbukitan Baturagung. Di selatan Baturagung terletak Cekungan Wonosari, berupa dataran ketinggian menengah yang terbentuk karena aliran Sungai Oya. Sungai ini bermuara ke Sungai Opak.

Rute dan Akses
Untuk menuju Goa pindul anda bisa membawa sepeda motor atau menyewa mobil menuju Jalan Raya Wonosari. Anda juga bisa menggunakan tour Yogyakarta untuk membantu perjalanan wisata anda selama di kota gudeg.

Dari Jalan Wonosari, perjalanan anda dilanjutkan ke arah utara sejauh 7 km. Anda tinggal mengikuti jalan aspal hingga bertemu pertigaan, ambil yang jalur kanan. Anda tinggal lanjut terus hingga sampai di pertigaan lampu merah dan ambil jalur kiri yang menagarah ke Desa Bejiharjo.

Anda tinggal mengikuti jalan beraspal hingga tiba di Goa Pindul. Sebuah papan nama bertuliskan Pindhul/Pindul akan membantu anda menemukan goa tersebut.

Daya Tarik
Cave tubing di Goa Pindul cukup aman karena aliran sungainya yang tenang. Sehingga siapa saja bisa mencoba aktivitas ini, mulai dari yang pemula hingga yang profesional. Bahkan anak-anak dan wanita hamil pun bisa mencoba aktivitas menantang adrenalin ini.

Aliran sungai yang ada di dalam Goa Pindul bersumber dari mata air Gedong Tujuh. Namun tidak semua bagian dalam Goa Pindul lebar. Di bagian tengah goa terdapat bagian yang sempit sehingga pengunjung harus bergantian satu persatu dalam melewatinya.

Ada pula bagian terbesar yang nampal seperti ruangan dengan lubang di atasnya. Bagian ini disebut oleh masyarakat setempat sebagai sumur terbalik dimana sinar matahari yang masuk dari atas lubang tersebut tampak indah. Lubang ini pula yang digunakan TIM SAR sebagai akses masuk vertikal dalam latihan mereka.