Keelokan Danau Ranau

Keelokan Danau Ranau

Keelokan Danau Ranau

Keelokan Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau yang memiliki luas 125,9 km terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar.

Untuk dapat menuju ke danau ini kita harus menempuh 8,5 jam perjalanan dari Kota Palembang dengan melewati perkebunan dan menikmati suasana pedesaan yang asri. Perairan sungai Musi yang membentang luas juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri selama perjalanan.

Di kawasan danau kita dapat menikmati berbagai keindahan alam dan wisata air, serta anak-anak yang sedang bermain di sekitar tepi danau. Lelah selama perjalanan akan hilang seketika melihat indahnya pesona alam yang menjadi pusat tujuan wisatawan asal Sumsel dan Lampung ini.

Suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kehidupan di kota, menambah kenyamanan saat berlibur dengan meninggalkan sedikit pekerjaan yang telah menumpuk di kantor. Air yang tenang dan berlatar Gunung Seminung, menjadikan danau ini destinasi wisata yang sangat indah.

Anda akan terkesima menyaksikan betapa luasnya Danau Ranau. Ditambah lagi pemandangan Gunung Seminung setinggi 1.880 meter di bawah permukaan laut di tepiannya.

Udaranya segar dan suasananya tenang. Jauh dari keramaian kota. Di danau ini traveler bakalan serasa seperti di pantai. Tepiannya berpasir dan ada kapal-kapal wisata bersandar.

Bedanya, sejauh mata memandang yang terlihat air danau yang tenang, bukan air laut yang asin dan berombak. Sejumlah anak-anak pun tampak asyik berenang dan ada pula yang duduk di atas ban yang terapung.

Selain berenang, traveler bisa menyusuri danau naik kapal. Biaya sewa kapal sekitar Rp 250 ribu per kapal PP, bergantung jauh dekatnya lokasi yang dituju.

Tujuannya bisa dipilih, mau ke Pulau Marisa di tengah danau atau ke pemandian air panas alami di kaki Gunung Seminung.

Kolam pemandian air panasnya cukup luas. Namun banyak juga turis yang merasakan langsung air hangat yang mengalir dari mata air dengan berendam di sekitar tepi danau, di luar area kolam.