Keindahan Ombak Pantai Klayar

Keindahan Ombak Pantai Klayar

Keindahan Ombak Pantai Klayar

Keindahan Ombak Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan sebuah lokasi wisata pantai yang sangat inah dengan ombak menantang yang disukai oleh para surfer lokal bahkan internasional yang berada di Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa Timur.

Suasana pantai yang masih sepi dan alami, pasir putih agak kecoklatan bersanding damai dengan gagahnya karang yang menjorok kelaut ditambah deburan ombak dan desiran angin menambah eksotisme layaknya surga kecil yang tersembunyi.

Lokasi dan rute menuju Pantai Klayar, Pacitan ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur.

Jika pengunjung datang dari arah kota Yogyakarta , bisa melalui Kota Wonosari di Gunungkidul lalu ke timur menuju ke arah Pathuk dan lanjur ke arah Kota Wonosari. Dari sana perjalanan di lanjut ke Pracimantoro. Setelah itu ke Giribelah, nanti akan melewati daerah Punung. Setelah daerah Punung nanti di kanan jalan ada papan nama Pantai klayar. Pengunjung atau wisatawan tinggal mengikuti arah papan nama menuju ke Pantai Klayar tersebut.

Pantai Klayar menyimpan banyak keindahan yang unik dan juga menyimpan misteri. Keindahan yang ada diantaranya pasir putih, karang raksasa, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah. Lebih banyak turis mancanegara yang mengenal Pantai Klayar dibanding wisatawan domestik dikarenakan Pantai Klayar lebih dikenal melalui internet dibandingkan melalui pemberitaan di media offline.

Diantara salah satu keunikannya adalah seruling laut, yaitu sebuah fenomena dimana air laut dapat berhembus melalui lubang dataran pantai ke atas sehingga membentuk seperti air mancur yang menawan. Seruling laut dapat dilihat apabila ombak deras menerpa dataran dan bebatuan hingga masuk dalam celah lubang yang menembus dinding bebatuan. Semua orang bisa menyaksikannya.

Jika Anda melayangkan pandangan ke arah barat dari pantai Klayar, terdapat sebuah tebing karang yang lebih besar dan menjulang dengan ketinggian mencapai hingga 50 meter. Tebing karang ini merupakan salah satu gugusan karang yang ada di kawasan wisata pantai Klayar Pacitan.

Tips

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah aturan dan larangan yang berlaku
  • Jagalah barang bawaan anda
  • Bawalah bekal untuk menghemat biaya perjalanan anda