Peringkat Terbaik Berwisata, Wakatobi Sulawesi Tenggara

Peringkat Terbaik Berwisata, Wakatobi Sulawesi Tenggara

Peringkat Terbaik Berwisata, Wakatobi Sulawesi Tenggara

Wakatobi adalah singkatan dari nama pulau- pulau yang berada disana, yakni Wangi-wangi (Penduduk setempat, menyebutnya Wanci, pulau utama Wakatobi), Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Posisi Wakatobi sendiri berada di bagian bawah Provinsi Sulawesi Tenggara, berada di atas laut Banda. Beberapa wisata alam yang ada di Wakatobi adalah Pulau Hoga, Pulau One Mobaa, Pantai Waha, Pemandian Goa Kontamale, Perkampungan Bajo Mola.

Wakatobi memiliki 4 bagian pulau besar, yaitu Kaledupa, Wangi-wangi, Sulawesi Tenggara, dan Binongko yang terletak di Kabupaten Wakatobi sendiri. Taman Nasional Wakatobi mempunyai lahan kurang lebih 1.390.000 hektar. Wakatobi memiliki kekayaan keanekaragaman alam bawah laut yang sangat lengkap, semacam terumbu karang dan berbagai binatang laut. Karena itu, Taman Nasional Wakatobi menyuguhkan pemandangan bawah laut yang begitu mempesona dan sangat cocok sebagai tempat penyelaman.

Jika Anda berwisata di Pulau Sulawesi, jangan sampai tidak mengunjungi Wakatobi. Dengan keindahan panorama bawah lautnya serta gugusan terumbu karang yang beraneka ragam merupakan andalan taman wisata Wakatobi. Terdapat sekitar 112 jenis terumbu karang dari 13 famili yang tersebar di 25 titik. Beberapa jenis karang tersebut yaitu A. hyacinthus, Acropora formosa, Psammocora profundasafla, Leptoseris yabei, Pavona cactus, Fungia molucensis, Merulina ampliata, Lobophyllia robusta, Platygyra versifora, Tubastraea frondes, Euphyllia glabrescens, Stylophora pistillata, Sinularia spp dan Sarcophyton throchelliophorum. Tidak hanya itu, terdapat gua-gua bawah laut yang sangat indah yang terletak di sepanjang karang.

Selain keanekaragaman terumbu karang, Taman Nasional Wakatobi mempunyai spesies ikan yang berjumlah sekitar 93 spesies. Beberapa spesies ikan-ikan penghuni Wakatobi yaitu takhasang (Naso unicornis), argus bintik (Cephalopholus argus), pogo-pogo (Balistoides viridescens), ikan merah (Lutjanus biguttatus), napoleon (Cheilinus undulatus), baronang (Siganus guttatus), Chaetodon specullum, Amphiprion melanopus, Chelmon rostratus, Lutjanus monostigma, Heniochus acuminatus, dan Caesio caerularea. Beberapa penyu yang sering singgah di Pulau Wakatobi untuk bertelur yaitu penyu tempayan (Caretta), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Selain spesies ikan dan penyu, beberapa burung laut yang menambah keindahan taman ini yaitu cerek melayu (Charadrius peronii) dan angsa-batu coklat (Sula leucogaster plotus). Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan ketika wisatawan mengunjungi taman nasional ini, seperti menyelam, snorkeling, bermain air atau berenang, berburu foto, dan lain sebagainya.

Lokasi Taman Nasional Wakatobi

Pintu masuk Taman Nasional Wakatobi berada di Desa Wanci Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Meskipun Wakatobi sendiri merupakan bagian dari 4 pulau.

Akses Taman Nasional Wakatobi

Untuk menuju lokasi Wakatobi, wisatawan harus melalui 3 tahap. Yang pertama, dimulai dari Kendari menuju Bau-bau dengan transportasi udara maupun laut. Jika menggunakan transportasi udara, perjalanan hanya ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Jika menggunakan transportasi laut, membutuhkan waktu 4 jam lebih.

Setelah sampai di Kota Bau-bau, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil menuju Lasalimu dengan waktu kurang lebih 2 jam. Setelah sampai Lasalimu perjalanan dilanjutkan untuk menuju Wanci yang merupakan pintu masuk Kawasan Taman Nasional Wakatobi. Perjalanan ini hanya bisa menggunakan kapal dengan waktu kurang lebih 1 jam.

Fasilitas dan Akomodasi

Di kawasan ini fasilitas serta akomodasi penginapan sudah ada, terdapat beberapa home stay dan hotel dekat Taman nasional Wakatobi, seperti Wakatobi Patuno Resort yang bisa Anda gunakan untuk bermalam. Rumah makan atau warung-warung makan dengan menu masakan laut banyak dijumpai. Jika Anda ingin melakukan penyelaman, terdapat beberapa tempat untuk persewaan perlengkapan selam.