Pesona Unik Danao Kaolin di Belitung

Pesona Unik Danao Kaolin di Belitung

Jika anda mendengar wisata belitung pasti akan teringat tentang kisah Laskar Pelangi. Pantainya yang berhias batu granit menjadikannya sangat indah dan makanan daerah dengan cita rasa nikmat. Siapa sangka, ada sebuah tempat yang tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya di Belitung.

Tambang Kaolin Belitung, adalah sebuah tempat yang tempat pertmabangan Kaolin di Pulau Belitung, dulunya pernah terjadi eksploitasi besar-besaran disini, dan mengakibatkan pertambang ini menjadi lubang yang sangat besar bekas penggalian dan eksploitasi sumber daya alam.

Kaolin merupakan sejenis tanah liat hasil pelapukan batu granit yang digunakan sebagai bahan pembuatan plastik, kertas, kosmetik, keramik, pasta gigi hingga karet, dan Belitung adalah salahsatu daerah dari sekian banyak daerah di Indonesia yang memiliki cadangan Kaoilin terbesar. penggalian dan eksploitasi sumber daya alam. Dibalik akibat eksploitasi ini, tambang Kaolin malah menghasilkan suatu karya alam yang unik sekaligus mempesona. Menjadikannya sebuah danau dengan air berwarna biru langit dikelilingi pasir putih yang halus.

Banyak yang bilang Danau Kaolin Belitung ini mirip dengan Kawah Putih yang ada di Ciwideyn namun nyatanya sangat berbeda, jika di Kawah Putih bau belerang yang menusuk sangat terasa, tidak dengan Tambang Kaolin Belitung, karena danau Kaolin Belitung ini tidak terbentuk dari sebuah kawah, menjadikan wisatawan betah untuk berlama-lama di danau ini. Untuk airnya pun tergolong aman, karena air disini tidaklah panas. Tambang Kaolin Belitung telah menjadi tempat yang menarik dan unik, menjadikannya landscape yang sangat fotogenik, karena walaupun diambil dari sudut manapun hasilnya tetap sangat bagus.

Lokasi Danau Kaolin Belitung berlokasi di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung

Letaknya tidak jauh dari dari Bandara Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, jaraknya hanya 10/20 menit saja. Namun disarankan untuk datang ke Tambang Kaolin Belitung mengunakan kendaraan pribadi atau sewa, karena tidak ada traspotasi umum yang kemari. Satu lagi tips untuk para pecinta fotografi, kita bisa datang ke tempat ini pagi atau sore hari saat sunrise dan sunset, akan menambah indah hasil foto kita dan bisa melihat pemandangan yang lebih menakjubkan lagi, disarankan juga untuk berhati-hati jalan di tambang ini karena rawan licin, dan beberapa yang tidak ditumbuhi pohon, dipasangi pagar untuk keamanan para wisatawan. Kawasan ini bebas dikunjungi oleh siapapun, dan gratis. Dan dimohon agar tidak buang sampah sembarangan di kawasan ini. Bekas sampah kita bisa masukan ke dalam saku atau tas kita sendiri. Tak mau kan lihat alam kita tercemari atau jadi kotor karena sampah