Planetarium Di Jakarta Pusat

Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur. Planetarium tertua ini letaknya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Planetarium Jakarta merupakan sarana wisata pendidikan yang dapat menyajikan pertunjukan / peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Pengunjung diajak mengembara di jagat raya untuk memahami konsepsi tentang alam semesta melalui acara demi acara.

Planetarium adalah sebuah tempat atau ruangan dengan atap berbentuk kubah untuk mensimulasikan keadaan langit yang sebenarnya, dipandang dari segala tempat di Bumi dan segala waktu. Sebuah planetarium dilengkapi proyektor bintang, biasanya terletak di tengah ruangan, yang berfungsi untuk memproyeksikan cahaya pada atap kubah planetarium, untuk menghasilkan cahaya benda-benda langit seperti bintang-bintang, planet, bulan dan lain-lain sehingga menghasilkan gambaran keadaan langit malam sebenarnya.

Lahirnya planetarium itu sendiri didorong oleh keinginan dari diri manusia yang senantiasa mencari tahu dan memahami hakikat kehidupan ini. Hal-hal yang terjadi di sekelilingnya berusaha dipahami dengan akalnya. Sejarah mencatat bahwa manusia sudah mulai memperhatikan benda-benda langit dengan karakternya masing-masing sejak beberapa ratus tahun sebelum masehi –ribuan tahun dari sekarang. Pada waktu itu manusia telah mencoba membedakan benda-benda langit satu dengan lainnya. Manusia juga telah mengamati letak dan pergerakan benda-benda langit tersebut.

Kamu akan diajak menjelajahi ruang angkasa luar dengan taburan bintang dan planet, mirip seperti apa yang telah dipelajari di sekolahan. Suasana langit malam yang begitu tenang dengan rangkaian bintang yang bertaburan menjadi sebuah pemandangan yang menenangkan. Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, kamu bisa menikmati suasana yang berbeda sekaligus belajar tentang alam semesta, khususnya benda-benda langit yang mempesona. Sebuah PlanetariumBeberapa pusat ilmu memiliki ruang planetarium di mana film-film tentang alam semesta ditampilkan pada kubah langit-langit bagi orang untuk menonton.

Beberapa planetarium besar memiliki teleskop untuk digunakan para tamu untuk mendeteksi rincian lebih rumit dari alam semesta dan bintang kecil di langit. Teknologi Multimedia memanfaatkan suara dan juga lampu digunakan untuk menyampaikan presentasi hidup pada topik astronomi yang berbeda. Orang dapat mengunjungi di hari dan waktu yang berbeda untuk belajar tentang berbagai elemen langit.

Alamat:

Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini,

Menteng, Kota Jakarta Pusat,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Baca juga:

 

Kiriman serupa