Pulau Osi Dikelilingi Oleh Laut yang Indah dan Dangkal

Pulau Osi Dikelilingi Oleh Laut yang Indah dan Dangkal

Pulau Osi Dikelilingi Oleh Laut yang Indah dan Dangkal

Pulau Osi adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Seram Barat, Provinsi Maluku. Luas Pulau Osi hanya sekitar 9 Ha dengan panjang 600 meter dan lebar 200 meter. Keindahan alam yang luar biasa yang dimiliki oleh pulau ini tidak bisa pungkiri lagi. Hal ini tentunya yang menyebabkan pengunjung terus menerus berdatangan untuk mengunjunginya.

Walaupun pulau ini keacil tetapi daerah sekitarnya mempunyai potensi hasil laut yang besar. Daerah dengan terumbu karang yang beragam sebagai habitat dari berbagai jenis ikan. Kawasan Pulau Osi masih termasuk daerah Taman Wisata Alam Laut Pulau Marsegu yang luasnya 11.000 Ha meliputi pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pulau Osi ini merupakan sebuah tempat pariwisata dengan beberapa pulau tak berpenghuni yang masih asri. Menjadikan pulau ini tampak beda dari yang lainnya. Terdiri dari beberapa pulau kecil dengan luas hanya beberapa hektare saja sebelum mencapai pulau terakhir.

Pulau ini memiliki penghuni kurang lebih sebanyak 100 kepala keluarga yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan. Penduduk pulau ini didominasi oleh para pendatang yang berasal dari Sulawesi Tenggara dan umumnya mereka sudah hidup puluhan tahun serta memiliki beberapa generasi di Pulau Osi. Masyarakatnya yang sangat ramah membuat Anda merasa nyaman ketika tinggal disana. Keindahan Pulau Osi tidak kalah menawannya jika dibandingkan dengan lokasi-lokasi wisata lainnya, sehingga menjadikan pulau osi ini tidak pernah sepi dari kunjungan turis dari berbagai penjuru.

Pulau Osi dikelilingi oleh laut yang indah dan dangkal yang dihuni oleh berbagai macam jenis ikan. Airnya sangat jernih seolah Anda sedang melihat aquarium raksasa. Karena begitu jernih air nya, Anda bisa melihat dengan mata telanjang ikan yang berwarna-warni di dasar laut tak ketinggalan juga bintang laut yang bertaburan di dasar. Di bagian ujung Pulau Osi terdapat sebuah jembatan yang memanjang ke laut. Jembatan ini biasa digunakan oleh para pengunjung untuk dapat menikmati keindahan laut Pulau Osi secara lebih dekat.

Selain itu Anda juga dapat sambil melihat aktivitas nelayan yang sedang menangkap ikan dengan perahu tradisional dari kejauhan. Sayangnya fasilitas yang ditawarkan di lokasi wisata ini sangat minim sekali, perwatannya tidak terjaga secara baik kecuali oleh petugas penjaga tentunya. Namun begitu Anda tidak perlu kawatir karena masih tetap dapat menikmati keindahan Pulau Osi dengan fasilitas jembatan yang disediakan, bagi Anda yang hobi memancing juga dapat menyalurkan hobinya tersebut.

Keindahan alam Taman Laut di sekitar Pulau Osi menjadikan pulau ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Beberapa penginapan dan resort pun bermunculan di sekitar Pulau Osi dan menyediakan fasilitas menginap yang cukup menarik bagi para wisatawan. Untuk dapat berkunjung ke Pulau Osi ini, Anda dapat menggunakan transportasi darat baik kendaraan pribadi atau jasa angkut dari kota Ambon ke Pelabuhan Desa Liang, yang biasanya berjarak waktu sekitar 2 jam perjalanan. Sesampainya di Desa Liang, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal penyebrangan (Veri) ke pulau Gemba. Tarif kapal Veri biasanya adalah Rp. 20.000/orang. Dari Pulau Gemba, perjalanan dilanjutkan ke Pulau Osi dengan menaiki perahu speed boat (Kapal Motor Kecil). Perjalanan biasanya berkisar 45 menit.