Taman Hutan Raya Murhum, Nipa-Nipa, Sulawesi Tenggara

Taman Hutan Raya Murhum, Nipa-Nipa, Sulawesi Tenggara

Taman Hutan Raya Murhum, Nipa-Nipa, Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki beragam jenis tempat wisata. Kalau ingin merasakan sesuatu yang berbeda cobalah datang ke lokasi wisata Taman Hutan Raya Murhum. Obyek wisata Taman Hutan Raya Murhum terletak di area pegunungan Nipa-Nipa, tepatnya di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Obyek wisata ini terbagi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Mandonga, Kecamatan Kendari, dan Kecamatan Soropia, ketiga-tiganya berada di wilayah Kota Kendari.

Sejarah Taman Hutan Murhum, Sulawesi Tenggara

Murhum diambil dari nama Raja Buton yang terakhir dan juga nama Sultan Buton pertama, sebagai penghormatan pada raja dan sultan yang pernah berkuasa di sana. Maka namanya diabadikan di  Taman Hutan Raya ini.

Taman Hutan ini termasuk dalam salah satu Kawasan Konservasi Alam di Sulawesi Tenggara. Tahura Murhum berada di atas tanah seluas 8.146 hektar dengan ketinggian sekitar 500 m di atas permukaan laut. Dengan memiliki bentuk topografi datar, bukit, dan gunung dengan kondisi kemiringan 20-40 %.

Pada tahun 1995, tepatnya tanggal 12 Juni, MenKehut memutuskan Kawasan Pegunungan Nipa-Nipa menjadi Tahura Murhum melalui SK Menteri Kehutanan Nomor 289/KPTS-11/95. Sebelumnya Gubernur Sulawesi Tenggara pada tahun 1993 juga telah menetapkan lebih dulu kawasan Nipa-Nipa sebagai Tahura Murhum melalui surat keputusan nomor 808 tahun 1993 tertanggal 6 Desember. Kemudian nama Murhum menggantikan nama Nipa-Nipa yang diambilkan dari nama Sultan Buton pertama.

Wisata Taman Hutan Raya Murhum

Taman Hutan Raya Murhum mempunyai keunikan yang beraneka ragam, jenis tumbuhan dan hewan yang beraneka ragam hingga pesona keindahan alam. Tumbuhan yang ada di Tahura Murhum antara lain kayu besi, bolo-bolo putih, pandan tikar, eha, palem, rotan. Untuk jenis hewannya antara lain berbagai jenis kupu-kupu, anoa, musang, elang laut, musang, dan kesturi.

Berada di dalam area hutan, pengunjung akan menemukan air terjun yang bisa digunakan untuk mandi. Tidak jauh dari lokasi air terjun, pengunjung juga dapat melihat situs bersejarah benteng pertahanan yang merupakan peninggalan dari jaman penjajahan Jepang. Kombinasi beragam jenis tumbuhan, hewan, dan situs bersejarah serta keindahan alam membuat obyek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang wajib Anda kunjungi.

 

Lokasi Taman Hutan Raya Murhum

Nah jika anda bingun mengenai Denah Lokasi Obyek wisata Tahura Murhum terletak di 3 kecamatan yaitu, Kecamatan Mandonga, Kecamatan Kendari, dan Kecamatan Soropia yang semuanya itu berada di Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara.

Akses  Menuju Taman Hutan Raya Murhum

Jika Anda dari Bandara Walter Mongisidi, Anda harus menuju Kelurahan Kemaraya kemudian menuju ke Benua-Benua, Tipulu, Sodohoa, Gunung Jati, dan Mangga Dua dengan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Dari Mangga Dua untuk menuju Tahura Marhum, Anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang berjarak sekitar 3.5 km dengan waktu kurang lebih 2 jam lamanya.

Fasilitas dan Akomodasi Taman Hutan Raya Murhum

Di sekitar kawasan Taman Hutan Raya Marhum tersedia berbagai rumah makan dan restoran yang mempunyai berbagai menu masakan. Anda bisa memilih sesuai selera. Jika Anda ingin menginap di sekitar lokasi obyek wisata, tersedia juga berbagai akomodasi hotel di Sulawesi Tenggara, mulai dari motel sampai hotel berbintang. Seperti Swiss-Belhotel Kendari dan Zahra Syariah Hotel Kendari.