Tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun yang terkenal di Yogya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk juga menjadi tempat wisata berupa air terjun di Indonesia yang wajib dikunjungi. Memang untuk masuk ke tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan tiket masuk, tidak hanya tiket masuk saja yang harus dibayarkan namun pengunjung harus membayar tiket perahu untuk menuju ke lokasi air terjun.

Memang lokasi air terjun sulit dijangkau dengan berjalan kaki sebab berada  di ujung sungai sehingga untuk mengangkut wisatawan harus menggunakan perahu. Perahu yang akan mengangkut wisatawan pun sangat unik tidak seperti perahu pada umumnya.

Perahu terbuat dari besi dan terbuka pada bagian atasnya sedangkan agar bisa mengapung di sekeling perahu tersebut ada drum yang membuatnya mengambang. Satu perahu hanya bisa menampung 6 sampai dengan 8 orang wisatawan saja. Bisa dikatakan bahwa bentuknya lebih mirip dengan rakit.

Air terjun ini mmeiliki ketinggian 80 meter dan letaknya ada di tepi Sungai Oyo. Anda tidak hanya menemukan satu air terjun saja namun anda akan menemukan tiga buah air terjun sekaligus. Hal itu dikarenakan sumber dari air terjun itu ada tiga yaitu Kedungpoh, Nganding dan juga Ngumbul. Air terjun itu muncul di sela tebing karst yang gersang.

Dinamakan Sri Gethuk dikarenakan tempat tersebut dipercayai sebagai pusatnya para jin dengan pimpinan bernama Jin Anggo Menduro. Anda bisa menikmati jernihnya air di bawah air terjun tersebut. Waktu akan berputar begitu cepat ketika anda berada disini. Bermain air menjadi aktivitas yang disukai disini. Tidak hanya itu saja, pengunjung yang ingin berenang bisa berenang di Sungai Oyo yang airnya jernih. Untuk berenang pengunjung harus membayar sewa pelampung kepada pengelola tempat wisata air terjun.

Itulah beberapa tempat wisata yang unik dan populer di Indonesia. Tidak hanya populer di Indonesia saja namun juga populer di mata dunia. Bagi anda yang ingin berkunjung ke beberapa tempat wisata tersebut sebaiknya memilih kota terdekat terlebih dahulu dengan kota tempat tinggal Anda. Hal itu dikeranakan tidak mungkin anda bisa menjangkau semua tempat wisata di Indonesia dalam satu waktu sekaligus.

Baca juga: