Tempat Wisata di Tokyo, Kuil Sensoji

Tempat Wisata di Tokyo, Kuil Sensoji

Salah satu kuil Budha yang banyak menarik kunjungan wisatawan di Tokyo adalah Kuil Sensoji atau Kuil Asakusa Kannon. Kuil Budha yang satu ini memiliki desain eksentrik dibandingkan dengan kuil-kuil pada umumnya. Warna merah menyala yang sangat khas membuat Kuil Sensoji mudah dikenali.

Kuil Sensoji

Menurut cerita, konon pembangunan Kuil Sensoji berasal dari kisah dua biksu Budha yaitu Hinokuma Hamanari dan Takenari yang tengah memancing. Saat memancing, mereka  menemukan patung Budha yang tersangkut pada jaring. Ternyata patung tersebut adalah patung Bodhisattva Kannon.

Kuil Sensoji

Bodhisattva Kannon

Bodhisattva Kannon merupakan Budha yang dikenal memiliki banyak cinta kasih kepada umatnya. Ia akan menghilangkan penderitan dan memberikan mukjizat. Kuil Sensoji pun dibangun sebagai penjaga masyarakat Asakusa dari penderitaan.

Bodhisattva Kannon

Kabar penemuan Bodhisattva Kannon terdengar oleh Haji no Nakatomo, kepala desa Asakusa. Ia menyakini bahwa patung tersebut memang benar bagian dari Bodhisattva Kannon. Setelahnya, ia menghabiskan hidupnya untuk mengabdi pada Bodhisattva Kannon.

Lalu, pada tahun 645, pendeta Shokai Shonin mengunjungi Asakusa dan membangun Kannondo Hall. Seiring berjalannya waktu Asakusa pun berbuah menjadi desa nelayan. Penduduk Asakusa menggantungkan perekonomian mereka pada hasil laut. Mereka berlayar di area Teluk Tokyo.

Asakusa pun makin padat dengan kunjungan peziarah yang akan berdoa. Kemudian, Ennin, seorang petinggi dalam agama Budha menciptakan sebuah status di kuil yang kini dikenal dengan Kuil Sensoji. Kuil Sensoji pun menjadi kuil tertua di Tokyo.

Agar mendapatkan perlindungan dari Bodhisattva Kannon, peziarah dapat memanjatkan doa di hall utama Kuil Sensoji. Posisikan tangan seperti doa pada Budha dan menyanyikan ‘Namu Kanzeon Bosatsu’. Namu Kanzeon Bosatsu memiliki arti ‘saya mempercayai Bodshisattva Kannon’.

Alamat: 2 Chome-3-1 Asakusa, Taito, Tokyo 111-0032, Jepang

Tarif: Gratis

Buka: 06:00~17:00

Akses:

Dari Stasiun Tokyo: Naik JR Yamanote Line arah Stasiun Kanda, transit dan naik Ginza Subway Line tujuan Asakusa.

Baca juga: