Wisata Asik Di Pantai Lhoknga

Wisata Asik Di Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga- Tempat wisata di Aceh yang terkenal dan unik adalah Pantai Lhoknga. Hal itu dikarenakan pemandangan yang ada di pantai ini serta air pantainya yang indah. Air pantai Lhoknga yang berwarna biru dan hijau toska menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Aceh memiliki beberapa macam pantai yang menarik. Salah satu pantai yang menarik di Aceh adalah Pantai Lhoknga. Pantai ini memiliki jarak kurang lebih 20 km jika ditempuh dari kota Banda Aceh.

Secara administratif, Pantai Lampuuk berada di Kecamatan Lhoknga, sehingga sebenarnya sedikit ambigu membedakan antara Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga. Akan tetapi, umumnya orang-orang disana memberi sebutan ‘Pantai Lhoknga’ untuk daerah di belakang Lapangan Golf Lhoknga hingga ke taman tepi laut setelah Komplek Pabrik Semen Andalas.

Adapun sebutan Pantai Lampuuk dikhususkan untuk ruas pantai yang membentang dari Babah Satu hingga Babah Empat. Meskipun posisi kedua pantai ini berdekatan, tetapi keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Jika kini pantai Lampuuk identik dengan rekreasi Banana Boat dan kuliner ikan bakarnya, maka Pantai Lhoknga lebih dikenal dengan lapangan Golf, aktivitas Surfing dan memancing. Khusus untuk selancar, ombak Pantai Lhoknga yang besar dan garang telah terkenal di kalangan komunitas selancar internasional.

Umumnya, para peselancar mengenal ada dua tipe ombak berbeda di bulan-bulan tertentu di Lampuuk. Bulan Juni hingga November di saat musim angin Barat terkenal dengan ombak pantainya (beach break), sedangkan di bulan Desember hingga Mei saat angin Timur berhembus terkenal dengan ombak karangnya (reef break).

Para peselancar pun mengenal ada lima titik ombak yang bisa dinaiki peselancar di Lampuuk. Yang pertama adalah ‘Left Hander Point’, yaitu ombak kiri yang berjarak 300 meter dari bibir pantai yang amat cocok bagi mereka yang baru mengenal selancar.

Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bersantai di pinggir pantai, berjemur, melakukan voli pantai, bermain pasir pantai dan masih banyak lagi lainnya.

Selancar pun bisa dilakukan di pantai ini, hal itu dikarenakan ombak di pantai ini bisa mencapai 2 meter. Saat sore hari yang bisa dilakukan pengunjung adalah melihat matahari terbenam atau sunset yang indah. Saat sore hari suasana pantai Lhoknga lebih ramai dikarenakan banyak pengunjung datang untuk menyaksikan sunset atau matahari terbenam. Tiket masuk pantai ini adalah 3 ribu untuk setiap orang, harga tiket masuk bisa berubah pada hari-hari tertentu seperti weekend dan juga tanggal merah.

Baca juga: