Wisata Keluarga Paling Populer : Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Wisata Keluarga Paling Populer : Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Menikmati akhir pekan yang indah juga bisa di rasakan di Jakarta. Jakarta cukup luas dengan penawaran destinasi yang cukup unik, seperti Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah atau yang cukup terkenal dikalangan keluarga adalah Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

Kebun Binatang Ragunan, tentu nama ini amat populer bagi para wisatawan saat menyebut nama tempat wisata di Jakarta. Bisa dibilang tempat ini amat legendaris, dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan penuh dengan kenangan.

Kebun binatang ini terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini merupakan satu-satunya kebun binatang di Jakarta.

Keistimewaan Kebun Binatang Ragunan

Lantas apa yang menarik perhatian para pengunjung datang ke Kebun Binatang Ragunan? Salah satu keistimewaan kebun binatang ini adalah adanya pusat primata. Pusat primata ini dirancang oleh seorang pencinta hewan, yaitu Nyonya Puck Schmutzer.

Ia adalah warga Jerman yang menyumbangkan seluruh kekayaannya pada sebuah yayasan untuk dibuatkan sebuah pusat primata di Indonesia.

Kehidupan hewan primata yang ada di Indonesia, dapat dilihat di pusat primata ini. Orangutan, gorila, lutung, beruk, dan lainnya. Di sini, Anda bakal merasa sedang memasuki hutan tropis yang indah.

Kisah Sejarah

Kebun Binatang Ragunan ini didirikan tanggal 19 September 1864, oleh perhimpunan penyayang flora dan fauna pada masa penjajahan Belanda.

“Planten en Dierentuin’’ yang berarti “Kebun Tanaman dan Hewan” menjadi nama pertama dalam bahasa Belanda’. Letak kebun ini saat itu masih di di daerah Cikini, Jakarta Pusat.

Banyaknya pembangunan di kawasan itu, membuat kebun binatang tersebut menjadi makin sempit. Akhirnya, di tahun 1964, kebun binatang tersebut dipindahkan ke Ragunan.

Pada tanggal 22 Juni 1966, lokasi ini secara resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Koleksi Hewan

Sejak pindah, koleksi hewannya terus bertambah banyak. Awalnya, hanya 450 ekor hewan. Saat ini, Kebun Binatang Ragunan dihuni oleh 2.009 ekor hewan.
Selain hewan mamalia, ada juga hewan beraneka jenis burung. Mulai dari burung kakatua, merak, pelikan, hingga burung kasuari yang tidak dapat. Anda juga dapat melihat reptil, seperti kura-kura, komodo dan aneka macam ular.

Untuk kalian yang mau datang, sekedar informasi Kebun Binatang Ragunan buka setiap hari! Traveler dapat berkunjung bersama seluruh anggota keluarga. Senin-Minggu dari pukul 06.00-16.00 WIB. Tiket masuknya, sangat terjangkau.