Wisata Kepulauan Seribu Pulau Pari

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Pari

Pulau Pari adalah pulau yang ada di kepulauan seribu yang sekarang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Maka dari itu, agen travel pun menyediakan berbagai jenis paket wisata menuju pulau pari yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Paket wisata tersebut sudah dilengkapi dengan akomodasi yang berkelas dengan pelayanan yang professional. Harga dari paket wisata yang ditawarkan akan menentukan akomodasi yang nantinya akan diperoleh pada setiap wisatawan, dan pihak travel pun akan memberikan inovasi terbaru yang berbeda untuk memberikan pengalaman yang tidak sama dan tidak didapatkan di tempat yang lain.

Bila selama ini Kepulauan Seribu bagi Anda dan banyak orang lainnya hanyalah Pulau Tidung, Anda tak sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa kawasan tersebut menyimpan potensi wisata yang besar dengan deretan pulau-pulau cantik nan eksotis lainnya dan bisa menjadi alternatif tujuan wisata pantai yang dekat dengan ibukota. Salah satunya adalah Pulau Pari yang berada di bagian tengah dari gugusan kepulauan mungil yang berjajar dari selatan ke utara perairan Jakarta. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Saat pertama kali menginjakkan kaki ke pulau wisata ini Anda akan disambut pemandangan pasir putih nan lembut serta perairan yang jernih serta arus yang ramah. Obyek wisata yang belum banyak dijelajahi ini selama beberapa tahun terakhir ini semakin banyak diminati pelancong lokal atau pun mancanegara. Untuk mencapai pulau ini Anda harus menumpang kapal feri selama sekitar 1 hingga 1.5 jam dari Pelabuhan Kaliadem atau Dermaga Marina Ancol.

Deretan pulau lainnya yang dekat dengan Pulau Pari adalah Pulau Pramuka, Tidung, Rambut, Lancang, serta Pulau Tikus. Dari beberapa pulau tersebut untuk mencapai pulau wisata Pari cukup ditempuh dalam waktu setengah jam. Saat ini karena popularitasnya Pari menjadi salah satu persinggahan angkutan kapal penyebrangan milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang menyediakan rute Muara Angke – Kepulauan Seribu. Layanan tersebut terlebih dahulu tersedia pada pulau-pulau wisata lain yang lebih dahulu terkenal, seperti Pulau Putri, Kotok, Ayer, Tidung, dan Bidadari.

Pulau Pari Kepulauan Seribu yang cantik dan eksotis

Walaupun termasuk obyek wisata baru, tetapi faktanya pulau berbentuk ikan pari bila dilihat dari ketinggian ini mempunyai potensi kecantikan alam yang sangat indah. 3 obyek wisata yang menjadi icon wisata di pulau tersebut adalah Pantai Pasir Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Seluruh obyek wisata tersebut dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat dengan pendapatan dari sector wisata tersebut digunakan untuk menunjang fasilitas wisata, perawatan, kebersihan, pembangunan infrastruktur, dan aktivitas social masyarakat.

Tak hanya sekedar berenang atau bermain air di sekitar pantai, pulau wisata ini menawarkan aktivitas liburan yang cukup beragam. Snorkeling adalah salah satunya, mengingat beberapa titik di perairan pulau ini merupakan spot panorama pemandangan bawah laut yang indah. Terumbu-terumbu karang pada spot ini masih sangat terjaga kealamiannya dan sangat minim kerusakan akibat ulah manusia karena kesadaran masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian lingkungan sangat tinggi.

Bila Anda tinggal lebih lama untuk berlibur di pulau ini, jangan lewatkan aktivitas seru bersepeda mengelilingi pulau atau menuju Pantai Pasir Perawan. Jangan khawatir tersesat karena hanya ada sebuah jalan utama yang menghubungkan keseluruhan pulau dari ujung ke ujung. Bersepeda ke pantai juga sangat seru bila Anda lebih suka mengabadikan momen matahari terbenam yang cantik menjelang senja.

Perlu diketahui bahwa Pasir Perawan pernah mendapat predikat sebagai salah satu pantai terbersih di kawasan Kepulauan Seribu. Pengunjung benar-benar dilarang untuk membuang sampah sembarangan di pantai seluas 10 km ini. Dan bila tetap nekat ada petugas yang bersiap menegur dan memberi sangsi. Inilah alasannya obyek wisata Pulau Pari sangat cocok bagi Anda yang menginginkan menghabiskan waktu untuk berwisata alam di tempat yang tenang, alami, dan bersih.