Wisata Paling Terkenal di Sulawesi : Air Terjun Bantimurung

Wisata Paling Terkenal di Sulawesi : Air Terjun Bantimurung

Nah berbicara mengenai wisata di Sulawesi, terdapat banyak sekali objek wisata dengan beragam pesona keindahan. Ada satu wisata yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan, yaitu Air Terjun Bantimurung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Airnya jernih dan sejuk serta memiliki arus yang sangat deras sepanjang tahun.

Tepat di bawah air terjun, terdapat landasan batu kapur yang dapat digunakan sebagai tempat pemandian. Batuan kapur yang sangat keras dan sudah tertutup lapisan mineral akibat terkena aliran air beratus-ratus tahun. Di sebelah kiri air terjun tersebut, terdapat 2 buah gua yang diberi nama Gua Mimpi dan Gua Batu. Untuk menuju ke gua tersebut, terdapat tangga yang terbuat dari beton dengan tinggi 10 meter.

Wisata Air Terjun Bantimurung

Wisata Air Terjun Bantimurung merupakan “rumah” berbagai jenis spesies kupu-kupu langka, sehingga pada waktu zaman penjajahan Belanda, pernah dijuluki “Kingdom of Butterfly“. Bahkan Alfred Rassel Wallase yang berasal dari Inggris pernah tinggal sementara selama sekitar 1 tahun hanya untuk meneliti sekitar 150 spesies kupu-kupu langka tersebut.

Dan sampai sekarang pun, para wisatawan yang datang berkunjung ke air terjun ini masih dapat melihat atraksi kupu-kupu beraneka warna yang terbang di antara bunga dan semak yang tumbuh di Gunung Batu Bantimurung. Jika Anda ingin melihat lebih jelas tentang spesies kupu-kupu langka yang ada di air terjun ini, Anda bisa melihatnya di museum yang berada di kawasan obyek wisata Sulawesi ini.

Lokasi Menuju Air Terjun Bantimurung

Untuk kalian yang ingin kesini, sangatlah mudah untuk menemukannya. Obyek wisata Air Terjun Bantimurung terletak di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Akses Air Terjun Bantimurung

Dari Bandara Hasanuddin, air terjun tersebut berjarak kurang lebih sekitar 20 km dan berjarak sekitar 50 km dari Kota Makassar. Jika Anda dari bandara, Anda bisa menggunakan transportasi umum mobil pete-pete atau mikrolet dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Harga  Tiket Masuk Air Terjun Bantimurung

Nah bagi kalian yang datang rombongan atau perorangan untuk biaya masuk sangatlah murah. Harga tiket masuk Rp. 5.000,- untuk dewasa dan Rp. 3.500,- untuk anak-anak.

Fasilitas dan Akomodasi

Terdapat bungalow dan pondokan bagi Anda yang ingin menginap di sekitar Air Terjun Bantimurung. Terdapat juga toko dan pedagang yang menjual gantungan kunci berbentuk kupu-kupu yang bisa Anda jadikan sebagai souvenir.