Wisata Pulau Paling Populer di Belitung, Pulau Lengkuas Belitung

Wisata Pulau Paling Populer di Belitung, Pulau Lengkuas Belitung

Anda harus ke sini ? Mengapa ? Karena lokasi dan pesona Belitung ini benar-benar indah. Anda akan dimanjakan matanya dengan pemandangan pulau sambil berjalan kaki. Disambut dengan pantai berpasir putih dan pepohonan yang hijau. Tak lain yaitu di Pulau Lengkuas Belitung.

Pulau Lengkuas Belitung adalah pulau kecil, terletak di arah Utara desa Tanjung Binga. Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar yang masih beroperasi sampai sekarang, mercusuar ini dibangun oleh belanda pada tahun 1882, mercusuar ini kurang lebih sama setara dengan bangunan setinggi 12 lantai, yaitu sekitar 50 meter. Setiap penggunjung yang berkunjung ke pulau ini boleh naik ke puncak mercusuar untuk melihat pemandangan dari puncak mercusuar.

Pemandangan dari puncak mercusuar Lengkuas begitu indah untuk hanya diceritakan. Benar-benar indah, 360 derajat keliling pulau dan sekitarnya. Jika anda naik kesana, jangan lupa membawa kamera. Karena anda akan menemukan pemandangan yang luar biasa. Kita bisa melihat batu-batu granit raksasa yang tersebar di lautan , birunya laut dan langit, dengan perpaduan batu granit, pasir putih, dan beningnya air laut, so pasti anda akan merasakan sensasi keindahan yang begitu menakjubkan.

Berawal dari pulau kecil di sana yang dihuni hanya 3 orang saja. Diantaranya adalah penjaga dan operator Mercusuar. Mereka sangat ramah kepada setiap pengunjung. Karena disana ya memang Cuma ada mereka saja, jadi mereka sangat senang sekali dengan penggunjung. Kami juga pernah ngobrol dengan mereka, cerita mereka sangat menarik lho.

Apalagi mendengar cerita tentang air bersih, ternyata di pulau ini sumber air hanya berasal dari air hujan yang mereka tampung di tempat penampungan. Lalu kami juga menanyakan mengapa mereka tidak menyaring saja air laut ? kan air tersedia di lautan sebanyak-banyaknya, lalu kemudian mereka pun menjelaskan. Ternyata untuk menyaring air laut itu biayanya sangat mahal, dan prosesnya cukup rumit. Dari 100 liter air, mereka paling Cuma bisa mendapatkan 1 galon air bersih. Sehingga sangat tidak sesuai antara usaha dengan hasil yang mereka dapatkan

Sehingga persediaan air sangat terbatas di pulau ini, meskipun ada tersedia toilet, di pulau ini kita harus menggunakan air secara bijaksana. Tempat ini terasa sangat menyenangkan, angin yang bertiup terasa segar sekali, anda bisa berjemur dan beristirahat di atas pasir putih yang mengelilingi pulau di bawah lindungan pohon-pohon kelapa.