Air Terjun Jumog, Jawa Tengah

Air Terjun Jumog, Jawa Tengah

Wisata asik – Air terjun Jumog merupakan salah satu daya tarik wisata air terjun di lereng Gunung Lawu. Daya tarik utama air terjun ini adalah jutaan air terjun yang berbelah menjadi dua atau sering disebut sebagai air terjun kembar. Keindahannya layak disandingkan dengan wisata air terjun yang sudah cukup di sekitar karanganyar yaitu air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu.  Air terjun Terletak di Desa Benjo, Kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Lokasi Air Terjun Jumog berada di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Rute termudah dengan mengikuti Jalan Raya Tawangmangu kemudian ada sebuah pertigaan kecil menuju ke jalur wisata JumogCandi SukuhKemuningCandi Cetho. Posisi pertigana kecil tersebut ditemui sebelum memasuki kawasan Wisata Alam Tawangmangu. Dari gerbang wisata, hanya sejauh 2km dengan mengambil jalan ke kanan menelusuri jalanan aspal yang cukup sempit.

Air Terjun Jumog, Jawa Tengah

Memasuki kawasan wisata Air Terjun Jumog, suasana tampak sejuk dan tenang karena tidak ramai oleh pengunjung. Area parkir tidak cukup luas dan hanya dapat ditempati untuk beberapa kendaraan beroda empat atau kendaraan bus kecil. Dari area parkir kami langsung disambut dengan pos retribusi masuk wisata Air Terjun Jumog. Setelah membayar retribusi masuk dan mengisi buku tamu, para pengunjung harus berjalan menuruni tebing. Kondisi jalan setapak yang menuruni tebing masih cukup bagus dengan pagar yang masih kokoh sebagai pengaman pengunjung dari tebing yang curam.

Perjalanan menuruni tebing tidak melelahkan seperti menuruni tebing di objek wisata Grojogan Sewu, karena selang beberapa menit kami telah tiba di tepian sungai. Kami melewati jembatan bambu yang masih baru kondisinya, mungkin beberapa fasilitas baru ditambahkan di kawasan wisata air terjun Jumog ini. Di sekitar sungai sendiri banyak dibangun tempat duduk dan taman untuk bersantai menikmati gemericik air sungai.

Air Terjun Jumog, Jawa Tengah

Kami berjalan menuju ke area air terjun Jumog dengan menelusuri jalan yang berada di tepi aliran sungai. Bermacam-macam tanaman bunga dan tanaman lain yang kami temui selama perjalanan menuju ke area air terjun membuat kami lupa dengan rasa lelah. Bunyi burung-burung liar yang banyak terdapat di kawasan air terjun membuat suasana terasa damai.

Pemandangan air terjun jumog cukup indah karena pencaran air terjun terselah menjadi dua. Suasana tampak sejuk dan segar ditambah dengan lingkungan yang cukup bersih, ketinggian air terjun yang tidak terlalu tinggi membuat beberapa pengunjung berada mendekati area dibawahnya bermain air.

Air Terjun Jumog, Jawa Tengah

Debit air terjun Jumog cukup tinggi sehingga terdengar bunyi air jatuh yang keras namun membuat suasana menjadi damai. Debit air ini tidak dipengaruhi oleh musim karena terlihat deras ketika musim kemarau walaupun kapasitasnya berkurang sedikit. Sepertinya pengelola objek wisata Air Terjun Jumug cukup serius dalam menjaga kebersihan.

Puas menikmati keindahan Air Terjun Jumog, akhirnya kami meninggalkan area air terjun untuk menuju ke sebuah gasebo untuk beristirahat sejenak.  Dalam perjalanan pulang meninggalkan area air terjun, kami diarahkan jalan yang berbeda dari jalan masuk. Kami melewati area taman bermain anak dan kolam renang yang didekatnya terdapat warung-warung makan. Harga yang ditawarkan warung-warung makan tersebut cukup terjangkau dan daftar harganya cukup jelas. Beberapa kuliner seperti sate kelinci dan sate ayam menjadi salah satu kuliner favorit di kawasan ini. Selain itu, kawasan wisata Air Terjun Jumog ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap lain taman, outbound, kolam renang, mainan anak dan gazebo.

Air Terjun Jumog

Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Retribusi

Tiket Masuk: Rp 4.000,-

Parkir Motor: Rp 2.000,-

Parkir Mobil: Rp 10.000,

Baca juga: