Antelop Canyon Arizona Di Amerika

Antelop Canyon, Arizona

Arizona terkenal di kalangan mancanegara berkat grand Canyon, ngarai yang tercatat sebagai satu dari Seven Natural Wonders of the World, masih ada Antelop Canyon, Arizona yang tak kalah memukau, bebeatuan merah yang magis di sedona, dan bandungan megah di tengah daratan yang sangat unik dan menarik.

Antelop Canyon adalah ngarai yang berbentuk dari batu berpasir selama ribuan tahun.  Antelop Canyon merupakan bentukan geokogis Novajo Sandstone yang terbentang dari selatan Nevada, utara Arizona, barat laut Colorado sampai ke utah. Masing-masing menawarkan keelokan. Kedua ngarai ini juga surga bagi para forografer, amatir maupun professional bahkan dengan ternik seadanya, semua hasil foto dijamin tetap indah.

Antelop Canyon, Arizona

Antelope Canyon merupakan sebuah lembah yang dalam dan luas diantara dua tebing curang atau biasa disebut ngarai. Ngarai ini berada di Page, Coconino County, Arizona, Amerika Serikat. Kawasan ngarai termasuk ke dalam kompleks Navajo Indian Reservation atau kawasan penampungan terbesar untuk Suku Indian Dine dari Amerika Utara yang biasa disebut Navajo atau Navaho, mempunyai keunikan sebagai berikut:

  1. Antelope Canyon terbentuk oleh angin dan air yang mengerosi Batuan Pasir Navajo dalam jangka waktu yang sangat lama.
  2. Banjir bandang dan proses sub-aerial mempercepat proses tergerusnya batuan. Akibatnya terbentuklah celah dan patahan indah yang terukir secara tidak langsung di dinding ngarai.
  3. Antelope Canyon terbagi menjadi dua, Ngarai Antelope atas (The Crack) dan Ngarai Antelope bawah (The Corkscrew). Masing-masing bagian memiliki corak patahan batu yang berbeda.
  4. Penduduk setempat menyebut Ngarai Antelope atas sebagai “Tse’ bighanilini” atau tempat dimana air mengalir melalui batu’.
  5. Ngarai Antelope atas berada di ketinggian 4000 kaki di atas sungai dengan dinding batu ymenjulang setinggi 120 kaki. Ngarai Antelope bawah disebut “Hasdestwazi” atau batuan spiral.

Dinding Antelope Canyon dapat mengubah pantulan cahaya dari sinar matahari menjadi berbagai warna yang indah. Hal inilah yang menarik perhatian wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Disini, wisatawan biasanya datang untuk melakukan perjalanan, mendaki atau berkemah untuk melihat ngarai secara langsung. Saat musim panas, wisatawan dapat melihat paparan sinar matahari menerobos celah-celah ngarai dan menerangi celah ngarai yang sebelumnya gelap. Penduduk setempat menyebut peristiwa ini sebagai “A God speaking from the high”.

Antelop Canyon, Arizona

Suku Navajo, suku Indian yang bermukim di Arizona, menyebut tempat ini Tsé bighánílíní yang artinya “tempat di mana air mengalir melalui batu”. Setelah membayar tiket masuk 6 USD ( Rp 72.000) dan tiket tour 25 USD (Rp 300.000)  per orang kami naik mobil terbuka. Pengunjung tidak diijinkan mengendarai mobil pribadi ke ngarai karena jalan menuju ngarai bukan jalan umum melainkan padang pasir yang hanya bisa dilewati oleh mobil khusus.

Baca juga: