Aurora Boreallis Islandia

Musim dingin adalah waktu yang tepat untuk melihat fenomena northern lights atau juga dikenal dengan sebutan aurora borealis.

Auora merupakan peristiwa alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin surya).Aurora yang terjadi di daerah sebelah utara dikenal dengan nama aurora borealis, dan di di sebelah slatan dikenal dengan nama auora australis.

Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober; dan Maret dan April. Islandia menjadi salah satu tempat yang memungkinkan kita melihat fenomena alam ini, terutama pada saat musim dingin seperti saat ini. Tak hanya orang-orang dari luar Islandia yang berburu aurora borealis. Warga Islandia pun tak mau melewatkan momen langka ini.

Dewan Kota Reykjavik pun memerintahkan lampu jalan dimatikan di sebagian besar lingkungan selama satu jam untuk membantu meningkatkan visibilitas aurora borealis, seperti dikutip CNN.Warga juga diminta untuk mematikan lampu di rumah mereka untuk membantu mengurangi polusi cahaya di kota. Karena kota menjadi gelap, Dewan Kota Reykjavik juga mengingatkan para pegendara kendaraan untuk lebih berhati-hati saat mengemudi.

Antara pukul 10 dan 11 pada Kamis malam, empat kabupaten utama Reykjavik ini mematikan lampu jalan mereka untuk melihat aurora borealis.”Cahaya yang benar-benar kuat dalam dua malam terakhir. Itu luar biasa,” kata Florian Schade, wisatawan dari Hamburg, Jerman, kepada New York Times.Orang-orang yang telah melihat fenomena langit berwarna hijau, biru dan ungu ini pun tak ragu lagi untuk memotret dan membagikannya ke media sosial.

Selain di Islandia, fenomena ini juga bisa disaksikan dari Kanada Utara, Finlandia, Norwegia, dan dari beberapa tempat di Amerika, seperti Taman Nasional dan Suaka Margasatwa Denali di Alaska, Idaho Panhandle Forest National, Aroostook National Wildlife Refuge, Cook Country di Minnesota, dan Upper Penninsula Michigan.

Ini adalah kesempatan emas melihat aurora borealis. Kompas melansir, setelah 2016, fenomena ini tak akan terjadi lagi. Aurora bakal meredup selewat 2016 dan diperkirakan baru muncul lagi pada 2024 atau 2026.Kalau pun setelah 2016 fenomena ini masih terlihat di langit bagian utara bumi, cahayanya lebih redup dan tak secemerlang sebelumnya.

Baca juga: