Bukit Bendera Di Malaysia

Bukit Bendera merupakan sebuah kawasan parlemen di negara bagian Pulau Pinang, negara Malaysia. Pulau Pinang terletak di antara negeri Kedah dengan negeri Perak di utara Semenanjung Malaysia.

Setinggi 830 m di atas Georgetown, puncak Bukit Bendera (Bahasa Inggris: Penang Hill) menyediakan tempat nyaman yang memungkinkan pelancong-pelancong mengasingkan diri dari panas yang menggigit di bawahnya.

Secara umum, bukit ini bersuhu 5 derajat Celsius lebih dingin dari garis laut. Dari puncak, para pelancong bisa melihat pemandangan menakjubkan ke bawah seluruh pulau bahkan juga ke tanah utama di seberang laut. Terdapat taman yang menyenangkan, pondok bergaya tua, restoran dan penginapan, sebuah kuil Hindu, serta Masjid Muslim di puncaknya.

Bukit Pulau Pinang sebenarnya digelari Bulit Strawberi karena ia juga merupakan penghasil stroberi. Bentuk muka buminya dan suhu yang dingin telah membuat stroberi bisa tumbuh dengan baik.

Rintisan yang mencapai ke puncaknya mudah melalui Taman Botanikal Air Terjun dengan jalan kaki. Nama resmi bukit ini adalah Bukit Bendera Pulau Pinang (Flag Hill), namun ia tetap secara umum dipanggil Bukit Pulau Pinang

Bukit Bendera merupakan kompleks wisata di dataran tinggi Penang. Di tempat ini, terdapat berbagai macam tempat wisata mulai wisata alam, situs agama Hindu, sampai pusat perbelanjaan. Dari Georgetown, tempat ini bisa dicapai dengan menaiki bus Transit Link nomor 1 atau 101 dan berhenti di Terminal Air Itam.

Dari Air Itam, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan trem khusus untuk mendaki Bukit bendera. Tiket menaiki trem dipatok dengan harga RM 4,50 per orang untuk sekali jalan. Sepanjang jalan menuju puncak, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Mata Anda akan semakin dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan ketika kereta sampai di puncak Bukit Bendera. Dari puncak Anda bisa menikmati pemandangan alam sembari menikmati secangkir kopi atau teh hangat.

Sebaiknya Anda mengunjungi Bukit Bendera sebelum pukul 9.00 pagi, karena setelah itu antrean wisatawan akan membeludak dan membuat antrean trem semakin panjang. Trem mulai berangkat sejak pukul 6.30 pagi dan setiap setengah jam sekali akan mengangkut penumpang ke puncak Penang Hill.

Baca juga: