Hidden Canyon Beji Gunawang

Hidden Canyon Beji Guwang adalah objek wisata alam menarik di Bali yang berupa ngarai tersembunyi yang berada di Desa Guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Rute ke lokasi dari By pass Ida Bagus Mantra pada persimpangan lampu merah di Ketewel ke kiri arah Desa Guwang/Sukawati. Sampai Desa Guwang ada patung Garuda ke kanan arah Banjar Wangbung. Sekitar 200 m ada Pura Dalem Guwang, tempat parkir cukup luas ada di samping pura ini. Untuk sampai ke lokasi, butuh perjuangan dengan melewati puluhan anak tangga dan menyusuri sungai berbatu sekitar 700 meter.

Tempat ini buka setiap hari & harga tiket masuk juga cukup murah, hanya bayar Rp 15.000,-/orang untuk semua wisatawan lokal/asing. Untuk pengunjung yang membutuhkan guide ada tambahan biaya lagi.

Ada tempat yang indah dan mempesona yang sering disebut orang lokal sebagai Beji Guwang Hidden Canyon Bali. Ngarai Tersembunyi terletak di desa guwang lalu kata “beji” berarti air mancur yang dimurnikan oleh penduduk setempat.

Beji Guwang Hidden canyon adalah sungai dengan dinding batu yang terbentuk dan bermotif sangat indah karena terkikis oleh air sungai selama ratusan ribu tahun untuk menciptakan sebuah karya yang membuat semua orang kagum. Selain itu ada dinding batu berukir yang indah ada juga beberapa hal lain yang tidak seindah gugusan batu dengan air yang beriak jernih dan tenang di beberapa tempat sehingga Anda bisa berenang di dalamnya.

Tempat damai yang tenang membuat tempat ini sangat cocok untuk meditasi atau yoga karena nuansa yang mendukung terutama tempat ini jauh dari keramaian. Atau bisa juga hanya tempat untuk merefleksikan atau menjadi pembebasan kerumunan burg.

Aliran sungai yang jernih disini diapit oleh tebing batu unik dan alami setinggi 30 meter. Saat ini sudah ramai pengunjung. Ada baiknya tetap hati-hati karena ada beberapa lokasi yang licin.

Di kawasan wisata unik ini ada sebuah pura Beji yang berfungsi untuk mengambil air suci/tirta oleh warga sekitar, dan tempat sembahyang. Bisa dibilang tempat ini termasuk tempat suci bagi umat Hindu, jadi pengunjung harus bisa jaga etika/tata krama untuk menghargai. Lokasi ini tak jauh dari Pasar Sukawati, jadi bisa sekaligus wisata belanja di pasar Sukawati dan wisata ke tempat lain seperti Batubulan jika ingin melihat tari Barong, air terjun Tegenungan, Ubud dan Kintamani.

Fasilitas disini sudah cukup memadai, area cukup luas, toilet, dan tour guide jika pengunjung membutuhkan pemandu.

Baca juga: