Main Ke Bandung, Ada Anggrek Cantik

Main Ke Bandung, Ada Anggrek Cantik

Di Singapura memang sangat terkenal dengan Wisata Anggrek dan pemandangan yang indah, hamper semua para Selebgram dan Traveller yang mengabadikan momen indah buat kita iri dan ingin mengambil spot disana. Tapi tenang saja, di Jakarta ada lho.

Tak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk melihat ratusan jenis anggrek yang cantik. Di Bandung, ada Orchid Forest Cikole untuk menikmati keindahan bunga itu. Tidak perlu jauh-jauh ke negeri seberang yang memiliki taman khusus untuk melihat aneka ragam jenis bunga anggrek. Di Bandung, kini juga hadir taman yang menyuguhkan aneka ragam jenis bunga anggrek.

Namanya Orchid Forest Cikole. Sesuai namanya, tempat wisata yang baru berusia seumur jagung ini berada di sebelah utara dari pusat Kota Bandung atau tepatnya di kawasan Lembang, Bandung Barat. Lokasinya tak jauh dari tempat wisata legenda Tangkuban Perahu.  Di taman seluas 14 hektare ini, traveller bisa menikmati beragam jenis bunga anggrek. Namun memang, tak bunga anggrek yang disuguhkan di taman ini belum ada yang berasal dari luar negeri. Semuanya rata-rata berasal dari dalam negeri.

Bunga anggrek yang disuguhkan di Orchid Forest ini cukup unik. Bunga digantung pada pohon – pohon pinus yang memang memenuhi area tersebut. Namun sayang, akhir-akhir ini memang tak banyak bunga yang tumbuh di pepohonan pinus.  Tapi traveller tak perlu khawatir, pihak pengelola justru membuat bangunan khusus yang menyajikan aneka ragam bunga tersebut. Bangunan berbentuk menyerupai tenda itu, menyimpan beraneka ragam bunga anggrek. Beberapa di antaranya sudah mekar.

Salah satunya bunga anggrek bulan. Bunga yang daunnya berwarna putih tersebut tampak cantik dilihat. Bukan hanya itu, traveller juga bisa melihat cantiknya bunga sandal giok berwarna kuning. Bunga bernama latin Paphiopedilum Malipoense ini tumbuh mekar di dalam ‘rumahnya’ yang terbuat dari plastik transparan.

“Total jenis bunga anggrek di sini ada 125 jenis. Tapi memang enggak berbunga semua. Tersebar di setiap pohon. Semuanya lokal Indonesia,” ucap Senia, salah satu pemandu di Orchid Forrest.

Nah,  di Orchid Forrest ini juga kita bisa melihat salah satu dari sekian jenis bunga langka. Salah satunya bunga anggrek jenis drakula. Tapi sayang, anggrek yang berasal dari Papua ini tak mekar saat detikcom mengunjungi lokasi tersebut.  Orchid Forrest juga tambah lengkap dengan banyaknya spot swafoto. Lebih dari 10 spot foto yang instagramable dapat ditemui di lokasi ini. Beberapa di antaranya seperti rumah hutan, tenda-tenda, hingga pintu masuk yang ditutup canopy ‘raksasa’.

Ada yang lebih unik lagi traveller. Di Orchid Forrest juga kita bisa menemukan jembatan gantung panjang. Bernama ‘Wood Bridge’ jembatan ini juga banyak didatangi para pengunjung untuk sekedar berjalan sambil menikmati sejuknya alam bahkan hingga berfoto-foto di jembatan. Dan untuk kalian yang ingin makan atau lapar? Tak perlu khawatir. Di dalam lokasi juga terdapat foodcourt dan cafe bernuansa alam. Menikmati sajian aneka hingga kopi sambil memandang deretan hutan pinus.

Capek setelah berjalan menyusuri hutan, traveller juga tak perlu khawatir. Sebab, pengelola menyiapkan shuttle bus yang bisa ditumpangi pengunjung hingga ke lokasi parkir. Tenang, tak perlu membayar, fasilitas itu diberikan secara cuma-cuma.

Marketing Executive Orchid Forrest, Bagus Maulana,  mengatakan konsep dari tempat wisata ini selain untuk ajang rekreasi, pihaknya juga ingin sekaligus memberi edukasi tentang bunga anggrek.

“Kita selain untuk rekreasi, juga untuk edukasi. Jadi senangnya dapet, capeknya dapet, ilmunya juga dapet,” ucap Bagus.

Bagus mengatakan tempat wisata ini baru dibuka pertengahan tahun lalu. Meski terbilang baru, pihaknya mengklaim tempat tersebut sudah banyak dikunjungi wisatawan baik dari Bandung maupun luar Kota Bandung.

“Hari-hari biasa empat sampai lima ribu orang. Kalau weekend bisa sampai sepuluh ribu,” ujarnya.

Hey kalian harus tau ya untuk masuk ke sini tidak perlu memiliki biaya luar negeri, dan harganya benar-benar biaya anak kuliah banget. Dengan suasana yang buat anda kepincut serta pemandangan dan spot menarik anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 35 ribu saja untuk satu orang.