Masjit Simbolik DI Putrajaya

Masjit Simbolik ini merupakan simbolik dan mercu tanda di Putrajaya.Pembinaan masjid ini bermula pada 1997 dan disiapkan dua tahun kemudian pada 1999. Masjid ini terletak bersebelahan dengan Perdana Putra, pejabat Perdana Menteri Malaysia dan bersebelahan dengan Tasik Putrajaya. Jumlah staf Masjid Putra adalah seramai 35 orang dan diketuai oleh Imam Besar.

Satu lagi masjid megah yang berada di pusat pemerintahan federal Malaysia di Putrajaya. Yakni Majid Putra. Majid Putra hanya terpisah lebih kurang 2,2 kilometer dari Masjid Besi / Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin.

Sama seperti masjid Besi, Masjid Putra ini juga dibangun bagi pegawai pemerintah, pegawai kantor perwakilan negara sahabat di Putrajyaya, duta besar dan korp diplomatik serta masyarakat muslim yang tinggal tak jauh dari lokasi tersebut.

Masjid megah ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah federal Malaysia bagi kota pusat pemerintahan baru Malaysia di Putrajya, dan tentu saja menjadi salah satu ikon dari sederetan gedung gedung indah di Putrajaya. Nama Masjid Putra diambil dari nama Mantan Perdana Menteri Malaysia pertama, Almarhum Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj, merupakan salah satu bentuk penghormatan rakyat dan pemerintah Malaysia kepada beliau.

mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam. Karena itu sayang sekali jika ketika berkunjung ke negara ini kita tidak menyempatkan diri untuk melihat Masjid Putra yang terletak di Putrajaya.

Masjid Putra dibangun dengan mengadopsi arsitektur Timur Tengah. Keunikan bangunan masjid terlihat dari letaknya yang menjorok ke Danau Putrajaya. Karena letaknya inilah Masjid Putra dijuluki masjid terapung. Untuk masuk ke masjid ini Anda tidak dipungut biaya sepeser pun. Anda hanya diwajibkan untuk berpakaian tertutup dan sopan. Masjid yang mampu menampung 1500 jamaah ini buka 24 jam.

Selain beribadah, Anda juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri Danau Putrajaya yang mengelilingi masjid. Harga sewa perahu dipatok sekitar RM 10. Jika ingin menaiki kapal yang lebih besar, Anda dapat membeli tiket Kapal Belimbing Sightseeing Cruise Boat seharga RM 30. Kapal ini dilengkapi AC dan mampu menampung 76 orang. Masjid Putra bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum seperti taksi, bus, dan kereta.

Baca juga: