Pasir Putih di Pantai Solop, Riau

Pasir Putih di Pantai Solop, Riau

Di Indonesia begitu banyak Pantai yang mempunyai wisata terbaik. Bahkan berlibur di daerah tertentu juga mendapatkan Fasilitas yang cukup memanjakan liburan kamu berarti dan memuaskan. Nah mungkin banyak Pantai di Indonesia yang tidak dapat kalian kunjungi satu persatu karena terlalu banyak namun Tim Wisata Asik akan memberikan sedikit rekomendasi pantai dengan hamparan pasir putih yang indah. Pantai ini bernama Pantai Solop. Pantai Solop berada di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Pantai Solop ini mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di dunia. Dimana pasir putih yang sering dikenal dengan nama Pasir Sirsak terhampar disepanjang bibir pantai. Alasan mengapa pantai ini dikenal dengan nama Pasir Sirsak, sejarahnya adalah pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai ini pasir dari fosil hewan laut, seperti kerang-kerang dan sejenisnya. Pasir ini terbentuk melalui proses kejadian alam yang panjang dan terjadi akibat hempasan gelombang pasang surut. Hal ini menyebabkan pasir sirsak ini terdampar disepanjang kaki pantai.

Pantai ini juga memiliki air yang berwarna keruh, kecoklatan. Untuk Anda yang berkunjung kesini jangan takut dengan warna air ini, warna air ini bukan karena pencemaran limbah atau tidak terawatnya daerah tersebut, warna air ini memang berasal dari laut, karna pengaruh dari pantainya yang membuat air ini berwarna kecoklatan. Selain menikmati keindahan pasir putih, anda juga dapat menikmati keindahan hutan Mangrove sepanjang mata memandang. Keberadaan hutan mangrove yang mengelilingi Pantai Solop merupakan hutan bakau terindah di Indonesia.

Keindahan Pantai ini bertambah karena terdapatnya pulau-pulau kecil di seberang pantai. Pada sore hari Anda dapat menyaksikan keindahan terbenamnya matahari (sunset). Untuk dapat sampai di Pantai Solop dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi sungai maupun laut.

Karena Pantai Solop terletak dibagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan. Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan laut sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan dari Kecamatan Mandah sekitar 20 sampai 40 menit. Sedangkan dari Pekanbaru Anda dapat menggunakan mobil angkutan umum menuju ke Kota Tembilahan terlebih dahulu. Perjalanan dari Pekanbaru ke Tembilahan ini jarak tempuh sekitar 6 sampai 7 jam.