Patung Liberty Amerika

Patung Liberty Amerika

Landmark negara adalah tempat pertama yang harus di kunjungi ketika kita berpergian ke luar negeri dan tempat wisata di Amerika. Hal ini merupakan sebuah seharusan untuk menciptakan memori yang akan mengingatkan kita pada tiap kesan yang kita dapatkan di negara yang jauh dari rumah tersebut.

Patung Liberty atau dinamakan dengan Liberty Enlightening The World Merupakan icon kebanggaan negara adi kuasa. Patung ini merupakan hadia yang diberikan oleh negara perancis untuk Amerika serikat di akhir abad ke – 19 dan memiliki makna ucapan selamat datang untuk orang-orang yang mendatangi Amerika.

Patung Liberty adalah maha karya sang Desainer dari Landmark Paris, menara Eiffel yaitu Gustave Eiffel. Bersama rekannya Frederic Auguste Bartholdi mereka mendesain sebuah patung raksasa dengan material perunggu sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan ke seratus tahun untuk Amerika Serikat dari Rakyat Prancis. Karena proses pengiriman dan penyusunan ulang di Pulau Liberty cukup lama, maka peresmian Patung ini dilakukan pada tanggal 28 Oktober tahun 1896.

Maha karya inipertama kali di pamerkan di paris lalu dikirimkan ke Amerika dengan menbongkarrnya menjadi 200 muatan besar. Berat total patung Liberty mungkin bisa mencapai 225 ton dengan tinggi 46 meter  ini akhirnya disusun kembali di pulau Liberty yang saat itu bernama pulau Bedloes.

Desain dari Patung Liberty ini mencoba menjelaskan ideologi bangsa Amerika Serikat yang menganut faham kebebasan dari segala tekanan dan merdeka. Sudah lebih dari 100 tahun patung ini menyambut dengan hangat para imigran yang ingin mengubah nasib dan mencari kehidupan baru di Amerika. Patung ini juga menyambut para pengunjung dan warga Amerika yang kembali dari perantauan.

Ketika memasuki museum ini pengunjung juga akan dapat melihat bahwa pada bagian kaki patung Liberty terdapat belenggu. Terlihat pula mahkota dengan tujuh titik diatasnya dan ukuran wajah yang sangat tinggi sekitar lebih dari 8 meter. Adapun warna hijau muda patung liberty adalah warna yang dihiasikan dari pelapukan alami tembaga.

Harga Tiket Museum Patung Liberty

  • Untuk tiba di Museum Patung Liberty harga tiket cukup terjangkau yaitu 18 USD saja.
  • Tiket ini sudah termasuk kapal ferry ke Liberty Island dan Elis Island serta tur audio, tapi belum termasuk tiket naik ke menara Patung Liberty.
  • Jika pengunjung ingin naik menara harus membeli tiket lagi untuk perjalanan naik ke menara. Jangan berharap anda bisa membeli tiket di tempat, karena bisa di pastikan tiket sudah habis.
  • Tiket kapal Ferry dan untuk naik ke menara Patung Liberty harus di pesan online dari jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan jumlah pengunjung objek wisata ini dalam satu haru bisa di kunjungi lebih dari 240 orang.
  • Akan tetapi ada juga tiket yang menawarkan keduanya, paket perjalanan kapal Ferry serta tiket untuk naik ke atas menara Patung Liberty.
  • Jadi daripada anda kecewa karena tidak bisa naik ke menara, lebih baik beli dari jauh-jauh hari mengingat tidak setiap saat kita bisa mengunjungi Miss Liberty ini agar tak menyesal di kemudian hari.

Akses Menuju Patung Liberty

  • Transportasi yang bisa mengantarkan anda ke Patung Liberty hanyalah transportasi air berupa Ferry. Hal ini dikarenakan patung Liberty berada tepat di tengah-tengah pulau Liberty.
  • Kapal Ferry tersedia yang bertugas mengantarkan pengunjung menuju Pulau Liberty ini dapat di akses di Battery Park.
  • Untuk tiba di Battery Park, dari Central Park pengunjung bisa menggunakan Bus M5 dengan harga tiket 2,25 USD. Untuk tiba di South Ferry Stop, pengunjung akan menempuh perjalanan selama 1 jam. Selain bisa mengunjungi pulau Liberty dari Battery Park.
  • Pengunjung juga bisa tiba ke pulau Liberty melalui New Jersey park di New Jersey dengan harga tiket yang sama.
  • Setelah sampai di Monumen Patung Liberty, pengunjung akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang berjumlah 10 orang per kelompok.
  • Barang-barang yang boleh di bawa masuk ke dalam museum dan menara hanyalah kamera dan obat-obatan. Jika pengunjung kebetulan membawa barang-barang yang tidak boleh di bawa masuk, jangan khawatir bahwa barang tersebut akan di sita, terdapat loker untuk menyimpan barang bawaan yang tidak diizinkan di bawa masuk.

Beberapa tips bagi pengunjung agar bisa menikmati perjalanan ke Monumen Patung Liberty :

  • Jangan membawa koper atau tas besar, karena hal ini akan menghabiskan waktu anda ketika melewati pemeriksaan barang untuk masuk ke dalam kapal Ferry.
  • Agar tidak mengantri terlalu panjang, ada baiknya pengunjung atau calon pengunjung memesan tiket secara online sebelum tiba di lokasi. Hal ini dikarenakan antrian panjang tidak hanya di tempat pembelian tiket, akan tetapi juga di ketika hendak naik ke kapal ferry. Jadi daripada waktu banyak dihabiskan untuk antri lebih baik waktu yang tersedia dimanfaatkan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata lain yang berada di sekitar pulau Liberty.
  • Belilah tiket menuju menara Patung Liberty jauh-jauh hari, karena sangat disayangkan ketika anda telah tiba di Monumen Patung Liberty namun tidak dapat menikmati pemandangan di menara Patung Liberty. Ada juga paket menuju menara Patung Liberty yang termasuk ke dalam tiket kapal ferry. Sehingga pengunjung bisa membeli tiket yang juga bisa digunakan untuk naik ke menara.
  • Datanglah lebih pagi untuk menghabiskan lebih lama waktu di Museum Patung Liberty.

Jika anda ingin berkunjung ke Amerika maka Patung Liberty merupakan tempat yang wajib dikunjungi, karena belum lengkap perjalanan wisata anda kalau belum mengunjungi landmark Amerika Serikat ini. Wawasan anda tentang sejarah patung liberty dan juga persahabatan negara Amerika juga bisa bertambah jika anda berkunjung langsung ke museum patung Liberty. Anda akan terkagum-kagum dengan besarnya patung ini, meskipun sudah banyak replika-replika patung Liberty, namun yang asli ada di Amerika.

Baca juga: