Tempat wisata Di Pagoda Taman Lumbini, Berastagi

Tempat wisata Di Pagoda Taman Lumbini, Berastagi

Pagoda Taman Wisata Bernuansa Tiongkok merupakan tempat ibadah umat budha, sekaligus dibuka untuk umum sebagai salah satu ikon wisata yang berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Sumatera utara. Bangunan Pagoda taman lumbini ini berdiri kokoh cantik, indah, dan megah dengan warna cat yang menyerupai warna emas. Di lokasi wisata ini kita dapat menemukan beragam keindahan arsitektur khas Myanmar.

Bangunan Pagoda Taman Lumbini Berastagi menjadi tertinggi ke 3 yang ada di dunia diantaranya bangunan Pagoda sejenis yang berada di luar myanmar. Hal ini terlihat dari desain bangunan arsitekturnya yang mengadopsi gaya entik Pagoda Shwedogon di Myanmar.

Tempat wisata Di Pagoda Taman Lumbini, Berastagi

Terlihat dari halaman depan Pagoda sebuah holy drum yang merupakan salah satu alat kebaktian umat budha. Konon, holy drum tersebut tidak boleh sembarangan dibunyikan karena mereka meyakini saat alat tersebut dibunyikan, maka arwah jahat dan arwah baik akan datang. Maka daripada itu holy drum hanya boleh dibunyikan pada saat kebaktian berlangsung.

Beralih ke lokasi lain yang masih terdapat di halaman depan Pagoda, kita akan menemukan sebuah patung gajah putih dan tempat gulungan kitap suci yang berjajar rapih dengan warna emas. Konon, menurut informasi yang diterima direktori wisata indonesia, gulungan tersebut yang diyakini oleh umat budha bila diputar searah jarum jam, maka ia akan menebarkan kebajikan. Saat memasuki kawasan dalam Padoga taman lumbini, di depan pintu utama, kita akan disambut dengan pintu desain nan etnik hasil pahatan seniman dari Myanmar.

Tempat wisata Di Pagoda Taman Lumbini, Berastagi

Hasil desain yang unk dan bernilai seni tinggi ini akan menyambut kehadiran kita di depan pintu utama pada saat kita akan masuk di dalam ruang pagoda ini. Melangkah di dalam pagoda, kita akan menemukan empat buah rupang Budha yang mulia. Patung Budha ini terbuat dari giok yang langsung dibawa dari Myanmar, yang di depannya terdapat deretan lilin-lilin kecil yang berada di atas meja untuk memanjatkan doa bagi umat Budha.

Layaknya seperti Pagoda Shwedegon, Pagoda Taman Lumbini juga menyimpan banyak relik yang merupakan sia-sia abu pembakaran orang sui disimpan di bagian atas pagoda. Selain itu kita dapat menemukan lilin-lilin raksasa hiasan yang terdapat didalam pagoda yang mengelilingi setengah lingkaran. Lilin-lilin tersebut berada di tengah rungan dalam pagoda.

Menurut informasi yang direktori wisata terima, pihak pengelola akan menerima dengan lapang sumbangan dari para donatur atau pun pengunjung sumbangan untuk pemeliharaan dan perawatan Pagoda Taman Lumbini, Brastagi.